Perkembangan dan Jenis Esport di Indonesia

Portal Media seputar Dunia Game Tahun 2024.

Perkembangan esport di Indonesia sendiri lumayan stabil dan terus menanjak. Ini selaras dengan semakin banyaknya turnamen e-sport di Indonesia yang berskala lokal dan internasional yang digelar hingga sekarang.

Tak heran juga jika menjadi atlet esport adalah pekerjaan yang jadi impian anak-anak di era modern ini. Kapan lagi kan, kamu asyik nge-game dan ternyata bisa berprestasi di ajang internasional.

Dalam sejarah esport, setidaknya ada 8 permainan yang bisa kamu nikmati bersama teman dan keluarga. Apa saja pilihannya?

1. Real Time Strategy (RTS)

Real Time Strategy (RTS)

Pilihan pertama adalah game yang membutuhkan strategi untuk bisa menang. Esport game ini termasuk yang paling tua dan sifatnya adalah permainan satu lawan satu.

Uniknya, kamu dan lawan akan memulai permainan dengan posisi yang sama yakni jumlah perlengkapan, senjata, dan prajuritnya tidak berbeda.

Lalu apa yang bisa membedakan?

Kamu perlu membentuk koloni yang kuat untuk bertahan dan mengalahkan koloni lain. Tak hanya pandai menyiapkan strategi, kamu juga perlu memiliki kejelian untuk melihat peluang dan celah dalam mengalahkan musuh.

Pilihan area bertanding dalam game ini juga beragam. Ada yang berlatar belakang daratan, bahkan di lautan. Ada beberapa jenis game RTS yang populer saat ini dan bisa kamu pilih sesuai preferensi.

2. Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)

Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)

Jika kamu mencari esport dengan komunitas terbesar di dunia, maka MOBA adalah jawabannya. Esport satu ini jadi salah satu jenis game dengan peminat paling banyak.

Dalam permainan ini biasanya ada dua tim yang bersaing melindungi markas (area) mereka dan menghancurkan benteng lawan. Masing-masing tim terdiri dari 5 pemain yang berbeda.

Jadi, jika di RTS kamu bisa mengontrol semua avatar, maka ini berbeda dengan MOBA. Kamu hanya bisa mengontrol avatarmu untuk berjuang bersama tim mengalahkan tim lawan.

Tak hanya di Indonesia, turnamen MOBA juga populer di gelar di seluruh dunia. Skala turnamennya juga bervariasi, dari skala kecil untuk pemain amatir hingga skala besar untuk pemain profesional.

Prestasi terbaru dari jenis olahraga ini adalah event Sea Games 2019 lalu. Tim Indonesia mampu meraih medali perak untuk dua game esport yang terdaftar dalam turnamen ini. Kamu pernah memainkan game MOBA yang mana, nih?

4. Collectible Card Games (CCG)

Collectible Card Games (CCG)

Dalam dunia esport juga ada permainan yang bisa membantumu mengasah kemampuan berpikir dan membaca strategi lawan. Ini adalah permainan kartu yang seru, biasa disebut dengan istilah Collectible Card Games.

Untuk memainkan game ini, kamu perlu memiliki tumpukan kartu dengan bidak-bidak unik. Masing-masing kartu dengan bidak unik ini memiliki kemampuan khusus yang bisa kamu pakai untuk memenangkan pertandingan.

Kemenangan di tiap ronde yang kamu lalui akan berdampak pada kekuatan lawan. Pada akhirnya, pemain yang mencapai limit terendah kekuatannya akan kalah.

Baca juga: Yuk, Simak! 7 Cara Menghasilkan Uang dari Game

4. First Person Shooter (FPS)

First Person Shooter (FPS)

Ini adalah salah satu genre terpopuler dan tertua di e-sport. Awal kemunculannya melalui debut permainan Quake dan Doom di tahun 90-an.

Berbeda dengan MOBA, FPS lebih menonjolkan animasi 3D dengan tampilan sudut pandang orang pertama. Artinya kamu akan merasakan layaknya pemain di dalam game yang sebenarnya karena sudut pandangnya langsung di depanmu.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *