Daftar Lengkap 19 Game di Esports World Cup 2024

LAZONE.ID – Esports World Cup 2024 di Riyadh bakal menghadirkan pertandingan dari berbagai genre game, termasuk MOBA, FPS, dan battle royale, dengan total hadiah mencapai 60 juta dolar AS.

Lo udah siap untuk nyambut Esport World Cup 2024, yaitu salah satu event gaming terbesar tahun ini? Dengan hadiah mencapai 60 juta dolar AS, turnamen ini bakal jadi ajang adu jago para gamers dari berbagai belahan dunia. Nah, kali ini kita bakal ngebahas lengkap daftar game yang bakal dipertandingkan di turnamen ini.

Esports World Cup 2024


SOURCE: One Sport

Esports World Cup adalah kejuaraan global yang sebelumnya dikenal dengan nama Gamers8, sebuah turnamen esports yang terkenal sebagai salah satu kompetisi esports terbesar di Arab Saudi. Gamers8 pertama kali diadakan oleh Federasi Arab Saudi pada tahun 2022.

Pada tahun 2023, kegiatan Gamers8 diperluas dan dipromosikan sebagai pusat kejuaraan esports global, dengan mengundang berbagai tim dan game terkenal dari seluruh penjuru dunia. Di antara game-game yang ditampilkan dalam Gamers8 tahun 2023 termasuk FIFA Online 4, Street Fighter, Counter-Strike: Global Offensive, PUBG, dan PUBG Mobile, bersama dengan berbagai game lainnya.

Baca Juga: 22 Fakta Pembalap MotoGP 2024 Beserta Profilnya!

Esports World Cup 2024 akan diselenggarain di Riyadh, Arab Saudi. Turnamen tahun ini menghadirkan berbagai game populer dari berbagai genre, mulai dari battle royale, first-person shooter (FPS), MOBA, hingga game balap dan fighting.

Event ini dapat banyak highlight, nggak cuma karena hadiahnya yang fantastis, tapi juga karena kontroversi yang muncul seputar hukum dan praktik di negara tuan rumah. Meski demikian, antusiasme para peserta dan fans emang udah nggak kebendung lagi. Fans-fans udah nggak sabar nantiin pertandingan seru antara tim dan pemain terbaik dunia di berbagai game.

Daftar Game di Esports World Cup 2024

Berikut ini adalah daftar lengkap game yang bakal dipertandingkan di Esports World Cup 2024:

1. Mobile Legends: Bang Bang


SOURCE: wallpapers

Mobile Legends: Bang Bang akan menjadi salah satu permainan yang bakal hadir di Esports World Cup 2024. MSC 2024, yang merupakan Mid Season Cup dari Mobile Legends: Bang Bang. Selain itu, MLBB Women’s Invitational (MWI) juga bakal diadain di EWC dengan total hadiah sebesar $500,000. Ini akan menjadi kali pertama kedua acara ini diadakan di luar Asia Tenggara.

Saat ini terdapat kritik dari komunitas terhadap keterlibatan Mobile Legends di Esports World Cup karena kaitannya dengan pemerintah Arab Saudi. Tapi, pihak Moonton Games, perusahaan di balik Mobile Legends, ngeluarin statement kalo tujuan mereka adalah untuk nyatuin semua orang tanpa memandang ras, keberagaman, atau latar belakang. Mereka juga nekenin kalo udah berkomunikasi sama Esports World Cup dari awal tahun lalu untuk ngenalin MLBB sebagai produk kepada Federasi Esports Saudi.

Meanwhile, MSC 2024 bakal diikutin sama 16 tim yang lolos dari liga regional masing-masing, termasuk tim dari Indonesia, Malaysia, Tiongkok, MENA, dan Filipina, antara lain. Tap, rincian seputar format MLBB Women’s Invitational masih harus diungkapin lebih lanjut.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Series yang Diadaptasi dari Game

Tim Filipina, SIBOL, berhasil memenangkan kejuaraan Mobile Legends: Bang Bang di Gamers8 2023. Mereka berhasil mengalahkan Indonesia di final dengan seri terbaik dari lima, merebut hadiah utama sebesar $100,000. Kemenangan ini menandai prestasi penting bagi SIBOL setelah mereka berjuang dari babak kualifikasi hingga ke Grand Final​.

Dengan demikian, kehadiran Mobile Legends: Bang Bang di Esports World Cup 2024 nunjukin komitmen Moonton Games untuk memperluas cakupan turnamen esports mereka secara global.

2. Counter-Strike 2

Counter-Strike 2 bakal hadir dalam Esports World Cup 2024. Ini bakal jadi salah satu dari 19 game yang dipertandingkan di acara ini. Selain itu, Esports World Cup 2024 juga nawarin total hadiah lebih dari $20 juta, dengan $1 juta di antaranya untuk Counter-Strike 2.

Juara turnamen Counter-Strike 2 di Gamers8 2023 adalah Team Vitality. Mereka berhasil mengalahkan ENCE di final untuk meraih gelar juara dengan total hadiah $400,000 dari keseluruhan hadiah turnamen sebesar $1 juta.

3. Dota 2


SOURCE: Dota 2

Dota 2 telah berhasil masuk ke Esports World Cup 2024 karena acara tersebut menawarkan kesempatan bagi klub dan atlet esports untuk berpartisipasi dalam turnamen multi-title yang didukung oleh pemerintah Arab Saudi. Sebagai bagian dari upaya besar untuk mendukung industri esports global, Esports World Cup 2024 menawarkan hadiah besar untuk berbagai game termasuk Dota 2, yang memberikan kesempatan bagi klub untuk menerima dukungan keuangan dan berpartisipasi dalam turnamen Esports World Cup.

Selain itu, keikutsertaan Dota 2 dalam acara tersebut juga memungkinkan tim-tim teratas untuk tampil di wilayah MENA, sehingga memberikan manfaat finansial yang signifikan bagi klub-klub esports yang mungkin menghadapi kesulitan keuangan. Keputusan untuk memasukkan Dota 2 juga sejalan dengan strategi lebih luas untuk memperluas kalender turnamen esports dengan acara-acara berdampak tinggi.

Juara turnamen Dota 2 di Gamers8 2023 adalah Team Spirit. Mereka mendominasi pertandingan dan menampilkan performa yang luar biasa sepanjang turnamen, termasuk dalam pertarungan final melawan Team Liquid​.

4. Starcraft II


SOURCE: Starcraft 2

Starcraft II diundang untuk ikut serta dalam Esports World Cup 2024 sebagai bagian dari upaya untuk memperluas jadwal turnamen esports dengan acara-acara berdampak tinggi. Turnamen ini akan menjadi 2024 SC2 Pro Tour Championship, menjadi acara penutup selama satu tahun penuh.

Pemain-pemain akan bersaing dalam banyak kompetisi untuk mendapatkan tempat di Esports World Cup, di mana juara dunia akan dinobatkan. Hadiah yang ditawarkan mencapai $1 juta dan akan melibatkan 18 pemain yang akan bersaing selama lima hari. Kehadiran Starcraft II dalam acara ini bertujuan untuk memberikan legitimasi dan pengakuan kepada acara tersebut, sambil memberikan kesempatan bagi pemain untuk bersaing dalam turnamen dengan hadiah besar.

Juara Starcraft II di turnamen Gamers8 2023 adalah Reynor. Reynor berhasil mendominasi turnamen dan meraih hadiah utama sebesar $150,000​.

5. Honor of Kings


SOURCE: All Esport

Honor of Kings diundang ke Esports World Cup 2024 sebagai bagian dari kemitraan antara Esports World Cup Foundation dan penerbit game Tencent, Level Infinite. The Honor of Kings Invitational Midseason akan melibatkan 12 tim yang akan bersaing untuk memperebutkan bagian dari hadiah sebesar $3 juta, serta kesempatan untuk lolos ke Kejuaraan Internasional yang akan diadakan pada akhir tahun. Selain itu, Esports World Cup dan Honor of Kings akan bekerja sama untuk meluncurkan skin eksklusif dalam game yang tersedia bagi para pemain. Langkah ini sejalan dengan tujuan Level Infinite dan Tencent untuk memperkuat ekosistem esports Honor of Kings, dengan investasi sebesar $15 juta untuk merangsang pertumbuhan global permainan tersebut.

Kehadiran Honor of Kings di Esports World Cup juga merupakan bagian dari upaya untuk menyatukan para pemain, klub, dan penggemar esports dalam sebuah komunitas global yang berkembang pesat.

6. Free Fire


SOURCE: VOI

Bermain Free Fire yang merupakan salah satu game battle royale ternyata cukup seru bagi sebagian orang sehingga mampu masuk ke Esports World Cup 2024. Turnamen ini akan menampilkan pertandingan antara tim-tim terbaik dari berbagai wilayah yang akan bersaing untuk memperebutkan bagian dari hadiah sebesar $1 juta. Kehadiran Free Fire dalam acara tersebut menunjukkan betapa berkembangnya industri esports dan popularitas yang terus meningkat dari game ini. Hal ini juga menunjukkan bahwa kompetisi esports semakin merata dan tidak hanya didominasi oleh game-game tertentu saja. Keseruan bermain Free Fire juga terbukti dengan keikutsertaan dalam turnamen esports terbesar di dunia ini.

7. PUBG Battleground

PUBG Battlegrounds memiliki daya tariknya sendiri di dunia esport, dengan beberapa keunggulan yang membuatnya menonjol:

  1. Realisme: PUBG Battlegrounds menawarkan pengalaman bermain yang lebih realistis dengan peta yang luas, mekanika permainan yang lebih taktis, dan fokus pada strategi tim yang kuat.
  2. Kompleksitas: Dengan beragam senjata, kendaraan, dan peta yang berubah-ubah, PUBG Battlegrounds menuntut pemain untuk mengembangkan keterampilan dan strategi yang kompleks, menjadikannya menarik bagi para penggemar esport yang mencari tantangan yang mendalam.
  3. Prestise: Sebagai salah satu game battle royale yang paling populer di dunia, kehadiran PUBG Battlegrounds dalam Esports World Cup 2024 menegaskan reputasinya sebagai game esport yang diakui secara luas.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, PUBG Battlegrounds menjadi pilihan menarik bagi pecinta esport yang menginginkan pengalaman bermain yang realistis, kompleks, dan bergengsi.

Juara PUBG Battleground di turnamen Gamers8 2023 adalah Team Soniqs. Mereka berhasil meraih kemenangan dan membawa pulang hadiah utama sebesar $600,000 dari total hadiah turnamen​.

8. PUBG Mobile


SOURCE: Bola

Event internasional ini bakal menampilkan pertandingan antara tim-tim terbaik dari PUBG Mobile yang akan bersaing untuk memperebutkan bagian dari hadiah sebesar $3 juta. Ini menandai evolusi signifikan dalam turnamen esports mitmusim PUBG Mobile, yang sekarang menjadi bagian dari Esports World Cup, menandakan peningkatan prestise dan skala kompetisi. Tahun lalu, Juara PUBG Mobile di turnamen Gamers8 2023 adalah Vampire Esports.

Kehadiran PUBG Mobile di Esports World Cup sejalan dengan strategi National Gaming and Esports yang diumumkan oleh Pangeran Mahkota Arab Saudi, yang bertujuan untuk membuat kerajaan tersebut menjadi salah satu nama terkemuka dalam dunia esports global.

9. Rainbow Six


SOURCE: Steam

Rainbow Six Siege adalah game first-person shooter taktis yang menonjol dengan berbagai kelebihan, serta cara bermain yang unik. Berikut adalah beberapa kelebihan dan cara mainnya:

  1. Taktis dan Strategis: Game ini menekankan taktik dan strategi tim yang kuat, termasuk penggunaan peralatan khusus, pemusnahan lingkungan, dan pengendalian area.
  2. Karakter Beragam: Setiap karakter (Operator) dalam game memiliki kemampuan khusus yang membuka berbagai strategi bermain.
  3. Lingkungan Destructible: Pemain dapat menggunakan lingkungan sekitar untuk menciptakan jalur masuk atau menyerang musuh, menghadirkan aspek taktis yang dinamis.
  4. Komunitas yang Aktif: Rainbow Six Siege memiliki komunitas yang besar dan aktif, dengan turnamen esports dan pembaruan konten reguler.

Cara Bermain Rainbow Six Siege:

  1. Pilih Operator: Sebelum pertandingan dimulai, pemain harus memilih operator dengan kemampuan yang sesuai dengan strategi tim.
  2. Bikin Plan dan Komunikasikan: Komunikasi dan perencanaan taktis dengan tim sangat penting. Diskusikan strategi sebelum pertandingan dimulai.
  3. Gunain Peta Secara Efektif: Manfaatkan lingkungan destructible untuk memanfaatkan keunggulan taktis.
  4. Ngerti Sama Peran Operator: Setiap operator memiliki peran dan kemampuan yang berbeda, penting untuk memahami kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Dengan pendekatan taktis yang unik dan fokus pada kerjasama tim, Rainbow Six Siege menawarkan pengalaman bermain yang mendalam dan menantang.

10. Overwatch 2


SOURCE: Polygon

Overwatch 2 adalah game esport yang memiliki fokus pada kompetisi yang seru dan dinamis. Game ini menawarkan pengalaman bermain yang lebih taktis dengan berbagai karakter (Operator) yang memiliki kemampuan khusus, serta lingkungan destructible yang memungkinkan penggunaan strategi yang dinamis. Overwatch 2 menawarkan pengalaman bermain yang mendalam dan menantang, yang mendukung kompetisi esports yang menarik dan berkelanjutan.

Selain itu, Overwatch 2 memiliki Overwatch Champions Series (OWCS), sebuah sirkuit esport yang terbuka bagi tim-tim terbaik di setiap wilayah untuk bersaing dalam turnamen dan memperebutkan gelar juara sirkuit pada akhir tahun. Sirkuit ini meliputi kompetisi di tiga wilayah utama: North America (NA), Europe, Middle-East, and North Africa (EMEA), dan Asia. OWCS juga menawarkan berbagai kesempatan bagi pemain dan tim, termasuk turnamen, program penghargaan, dan dukungan untuk pengalaman penonton yang memikat.

Jadi, Overwatch 2 adalah sebuah game esport yang menawarkan pengalaman bermain yang menarik dan mendalam, yang didukung oleh sirkuit kompetisi yang menyenangkan dan berkelanjutan.

11. Fortnite


SOURCE: Playstation

Fortnite pertama kali dirilis pada tanggal 25 Juli 2017 sebagai mode permainan berbayar yang disebut “Save the World”. Kemudian, mode permainan gratis “Battle Royale” dari Fortnite dirilis pada bulan September 2017. Sejak saat itu, Fortnite telah menjadi salah satu game paling populer dan sukses di dunia.

Kalo ngomongin cara mainnya, lo perlu banyak latihan, strategi, dan juga tim yang solid. Ada beberapa tips nih buat main esport Fortnite:

  1. Pelajari peta dan strategi: Kenalilah peta permainan dengan baik dan pelajari strategi untuk bertahan hidup dan mengalahkan lawan.
  2. Kuasai senjata dan building: Latihan untuk menguasai berbagai senjata dan juga kemampuan membangun struktur dengan cepat.
  3. Bergabung dengan komunitas: Ikuti komunitas dan turnamen Fortnite untuk memperluas jaringan, belajar dari pemain lain, dan meningkatkan kemampuanmu.
  4. Tetap tenang dan fokus: Esport membutuhkan konsentrasi tinggi, jadi pastikan untuk tetap fokus dan tenang selama pertandingan.

Pada 2024 ini, Fortnite masuk ke dalam kancah esport World Cup karena popularitasnya yang terus meningkat, basis pemain yang besar, dan minat yang kuat dari komunitas esport.

Selain itu, Epic Games udah aktif dalam mendukung kompetisi esport Fortnite dengan mengadakan turnamen besar seperti World Cup, yang menarik perhatian para pemain profesional dan penggemar esport di seluruh dunia. Keberhasilan dan pertumbuhan terus-menerus dari Fortnite sebagai game esport juga telah memperkuat posisinya di kancah kompetisi esport global.

Turnamen Gamers8 tahun 2023, Japko dan Kami mendominasi permainan dan memenangkan kejuaraan ini untuk game Fortnite. Berikut perolehan poin Japko dan Kami:
Hari 1: 1480 (Placed 1)
Hari 2: 1225 (Placedk ke-3)
Hari 3: 1314 (Placed ke-4)

12. Rocket League


SOURCE: Marca

Rocket League pertama kali dirilis pada tahun 2015 dan Rocket League masuk ke dalam kancah esport World Cup 2024 karena komunitas yang besar dan bersemangat, serta dukungan yang kuat dari pengembangnya, Psyonix. Sejak diluncurkan, Rocket League telah menjadi salah satu judul esport yang menarik perhatian banyak pemain dan penonton. Selain itu, turnamen besar seperti World Cup memberikan platform bagi para pemain terbaik dari seluruh dunia untuk bersaing dan memperlihatkan kemampuan mereka, menjadikan Rocket League sebagai salah satu game utama di kancah kompetisi esport global.

Tim Version1 berhasil memenangkan turnamen Rocket League di Gamers8 2023. Dalam pertandingan final yang menegangkan, Version1 mengalahkan Rule One dengan skor 4-1 dalam format best-of-seven. Keberhasilan ini tidak hanya membawa mereka trofi, tetapi juga hadiah utama sebesar $500,000 USD dari total hadiah $2 juta USD yang ditawarkan di event tersebut​

13. EA Sports FC 24


SOURCE: EA

EA Sports FC 24 menjadi bagian dari Esports World Cup 2024 karena game ini adalah evolusi dari seri FIFA yang sebelumnya dikenal, dan memiliki basis penggemar yang besar serta komunitas pemain yang aktif. EA Sports FC 24 menawarkan gameplay yang realistis dan kompetitif, yang membuatnya cocok untuk kompetisi esports tingkat tinggi.

Sebagai penerus dari franchise FIFA yang telah lama mendominasi scene sepak bola virtual, EA Sports FC 24 mendapat tempat di Esports World Cup karena kemampuannya untuk menyajikan pengalaman sepak bola yang mendalam dan strategi yang kompleks, yang menarik bagi pemain dan penonton di seluruh dunia.

Ini adalah langkah logis mengingat popularitas dan keberhasilan sebelumnya dari seri FIFA dalam turnamen esports, dan EA Sports FC 24 diharapkan membawa inovasi serta pertandingan yang lebih seru dan kompetitif.

14. Street Fighter 6


SOURCE: Reddit

Street Fighter 6 adalah game pertarungan yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Capcom. Ini merupakan entri terbaru dalam seri Street Fighter yang legendaris, yang telah menjadi salah satu pilar dalam genre game fighting sejak era 1980-an. Berikut adalah beberapa karakteristik dan fitur penting dari Street Fighter 6:

  1. Grafis dan Presentasi yang Modern: Street Fighter 6 menampilkan grafis yang sangat ditingkatkan dengan menggunakan RE Engine, yang juga digunakan dalam game-game Capcom lainnya seperti Resident Evil. Hasilnya adalah karakter dan lingkungan yang terlihat sangat detail dan animasi yang halus, memberikan pengalaman visual yang memukau.
  2. Gameplay yang Dinamis: Mengikuti tradisi seri, Street Fighter 6 menawarkan gameplay pertarungan yang intens dan teknis. Game ini mempertahankan mekanisme dasar 2D yang khas sambil menambahkan beberapa fitur baru yang menambah kedalaman strategis, seperti sistem “Drive” yang memberikan pemain berbagai pilihan taktis seperti parry, dash, dan serangan khusus.
  3. Mode Cerita yang Imersif: Street Fighter 6 memperkenalkan mode cerita yang lebih mendalam dibandingkan pendahulunya, memberikan konteks dan latar belakang yang lebih kaya untuk karakter dan dunia Street Fighter. Mode ini menawarkan pengalaman yang lebih sinematik dan naratif.
  4. Karakter Baru dan Lama: Game ini menghadirkan kombinasi karakter lama yang ikonik seperti Ryu, Chun-Li, dan Guile, serta menambahkan karakter baru yang menarik dengan gaya bertarung unik mereka sendiri. Hal ini memberikan variasi dan kesegaran dalam roster pertarungan.
  5. Kompatibilitas dan Konektivitas: Street Fighter 6 mendukung cross-platform play, memungkinkan pemain dari berbagai platform (seperti PlayStation, Xbox, dan PC) untuk bertanding satu sama lain. Ini meningkatkan basis pemain dan memudahkan mencari pertandingan online.
  6. Kustomisasi Karakter: Pemain dapat menyesuaikan penampilan dan gaya bertarung karakter mereka melalui berbagai opsi kustomisasi. Ini memungkinkan personalisasi yang lebih dalam dan memberi pemain kesempatan untuk mengekspresikan diri dalam game.
  7. Evolusi dalam Esports: Sebagai bagian dari seri yang memiliki sejarah panjang dalam kompetisi esports, Street Fighter 6 dirancang dengan mempertimbangkan scene kompetitif. Dengan sistem peringkat yang diperbarui dan event-event besar yang direncanakan, game ini siap menjadi pusat perhatian dalam turnamen fighting game.

Kakeru dari Jepang meraih gelar juara dalam turnamen Street Fighter 6 di Gamers8 2023, dengan kemenangan yang mengesankan terhadap AngryBird, juara Evo 2023. Kakeru memenangkan hadiah utama sebesar $400,000 setelah menunjukkan kinerja yang luar biasa, termasuk mengatasi kekalahan di final Winner Bracket dan memenangkan pertandingan di lower bracket finals. Di Grand Finals, Kakeru menguasai pertandingan dengan skor 3-1, menunjukkan keahlian dan strateginya yang mengagumkan dalam pertarungan tersebut​

15. Tekken 8


SOURCE: IGN Nordic

Tekken 8 masuk ke Esport World Cup, nggak terlepas dari pertumbuhan Tekken 8 sebagai game esport yang populer dan sangat kompetitif:

  1. Sejarah dan “Legacy”: Tekken adalah salah satu franchise game fighting terpanjang dan paling sukses. Dimulai dari Tekken pertama yang dirilis pada tahun 1994, seri ini telah tumbuh menjadi salah satu pilar dalam genre game pertarungan. Tekken 8 meneruskan tradisi ini dengan membawa gameplay yang telah dipoles selama dekade.
  2. Fans yang Banyak: Tekken punya basis fans yang besar dan loyal di seluruh dunia. Komunitas ini tidak hanya aktif dalam bermain, tapi juga dalam menyaksikan turnamen, membuat Tekken 8 ideal untuk event esports besar seperti Esports World Cup.
  3. Mekanika Gameplay Mendalam: Tekken terkenal dengan mekanikanya yang mendalam, termasuk sistem combo, juggle, dan movement yang kompleks. Tekken 8 memperkenalkan inovasi baru sambil mempertahankan kedalaman strategi yang telah menjadi ciri khas seri. Ini menantang pemain untuk terus mengasah keterampilan mereka dan menawarkan banyak momen dramatis dalam pertandingan.
  4. Grafis dan Animasi yang Mengesankan: Menggunakan Unreal Engine, Tekken 8 menampilkan grafis yang sangat detail dan animasi karakter yang realistis. Ini tidak hanya membuat game lebih menarik dari segi visual, tapi juga meningkatkan pengalaman menonton bagi penonton esports.
  5. Dukungan Developer yang Kuat: Bandai Namco, pengembang dan penerbit Tekken, secara aktif mendukung scene esports game ini dengan turnamen resmi dan hadiah yang signifikan. Dukungan ini memastikan bahwa komunitas tetap aktif dan turnamen terorganisir dengan baik, dua faktor kunci untuk keberhasilan game dalam arena esports.
  6. Penerimaan Global: Tekken 8 telah diterima dengan baik di banyak negara, yang membantu dalam mempromosikan game ini di panggung global. Dengan pemain top dari berbagai negara, Tekken 8 menampilkan keragaman yang besar dalam kompetisi, menarik penonton dari berbagai latar belakang.
  7. Adaptabilitas dalam Format Turnamen: Format pertandingan Tekken yang serba cepat dan sistem penentuan pemenang yang jelas membuatnya sangat cocok untuk format turnamen esports. Ini memudahkan untuk mengadakan event besar dengan banyak pemain tanpa mengorbankan kualitas pertandingan.

Tim Pakistan, terdiri dari Arslan Ash, Atif Butt, dan Khan Imran, berhasil memenangkan kejuaraan Tekken 7 Nations Cup di Gamers8 2023. Mereka meraih kemenangan dengan skor 3-2 melawan Korea Selatan di final yang sangat ketat. Dengan kemenangan ini, Pakistan membawa pulang hadiah sebesar $500,000 USD.

16. League of Legends


SOURCE: League of Legends: Wild Rift

League of Legends (LoL) memang merupakan game yang kompetitif banget, dan ini karena beberapa alasan utama yang bikin nggak cuma populer di kalangan pemain kasual tapi juga jadi salah satu pilar utama dalam dunia esports. Berikut adalah beberapa faktor yang menjadikan League of Legends kerasa kompetitif banget:

  1. Gameplay yang Mendalam dan Kompleks: League of Legends menggabungkan strategi waktu nyata dengan elemen role-playing. Setiap pemain mengontrol satu “Champion” dengan kemampuan unik. Dengan lebih dari 150 Champions untuk dipilih, variasi strategi dan kombinasi tim sangat luas, membuat setiap pertandingan unik dan penuh dengan keputusan strategis.
  2. Tim dan Kerjasama: LoL adalah game yang membutuhkan koordinasi tim yang sangat baik. Pemain harus bekerja sama, dengan peran yang jelas (seperti top laner, jungler, mid laner, ADC, dan support). Komunikasi efektif dan pemahaman bersama tentang strategi tim adalah kunci untuk meraih kemenangan.
  3. Scene Esports yang Mapan: League of Legends memiliki salah satu scene esports terbesar dan terstruktur dengan baik. Dengan liga profesional di berbagai wilayah (seperti LCS di Amerika Utara, LEC di Eropa, LCK di Korea Selatan, dan LPL di China), serta turnamen internasional besar seperti World Championship (Worlds), Mid-Season Invitational (MSI), dan All-Stars, LoL terus menarik jutaan penonton.
  4. Dukungan Developer: Riot Games, pengembang League of Legends, sangat aktif dalam mendukung dan mengembangkan scene esports LoL. Mereka menyediakan pembaruan game yang konstan, memperkenalkan balance changes untuk menjaga meta game tetap segar, dan berinvestasi dalam produksi turnamen esports yang berkualitas tinggi.
  5. Komunitas Global yang Aktif: League of Legends memiliki salah satu komunitas online terbesar. Komunitas ini tidak hanya aktif dalam bermain game tetapi juga dalam mengikuti scene profesional, berpartisipasi dalam diskusi, dan menciptakan konten fan-made seperti fan art, strategi, dan analisis pertandingan.
  6. Penghargaan dan Sponsorship: Karena popularitas dan kompetitivitasnya, banyak pemain dan tim profesional LoL menerima dukungan finansial besar dari sponsor. Ini meningkatkan stakes dalam turnamen dan memotivasi pemain untuk berkompetisi pada level tertinggi.
  7. Inovasi dan Pertumbuhan Berkelanjutan: Riot Games terus menambahkan konten baru, termasuk Champions baru, rework map, dan mode game alternatif yang menawarkan cara baru untuk bermain dan berkompetisi. Inovasi ini membantu menjaga game tetap menarik dan dinamis.
  8. Meta Game yang Selalu Berubah: Dengan pembaruan rutin dari Riot, meta game LoL selalu berubah, memaksa pemain dan tim untuk terus menyesuaikan strategi mereka. Hal ini menambah lapisan strategi tambahan dan memastikan bahwa kompetisi tidak pernah menjadi stagnan.

T1 berhasil menjadi juara turnamen League of Legends di Gamers8 2023. Kemenangan ini menandai T1 sebagai juara dunia untuk keempat kalinya dalam sejarah kompetitif League of Legends, sebuah rekor dalam scene esports game tersebut. T1 menunjukkan performa yang mengesankan dengan mengatasi tim-tim kuat dari LPL dan region lainnya sepanjang turnamen.

17. Teamfight Tactics


SOURCE: Kincir

Teamfight Tactics (TFT) adalah game auto battler yang dikembangkan oleh Riot Games, terkenal karena gameplaynya yang strategis dan mendalam. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Teamfight Tactics menjadi game yang diperhitungkan dan berhasil masuk ke Esports World Cup 2024:

  1. Strategi dan Kedalaman: Teamfight Tactics menggabungkan elemen strategi dalam memilih dan menempatkan unit dengan manajemen sumber daya yang cerdas. Pemain harus membuat keputusan penting tentang komposisi tim, posisi unit, dan penggunaan item, membuat setiap permainan menjadi unik dengan berbagai strategi yang bisa dijalankan.
  2. Populer Banget: Sejak dirilis sebagai bagian dari universum League of Legends, TFT telah menarik jutaan pemain di seluruh dunia. Popularitasnya bukan hanya karena hubungannya dengan LoL tetapi juga karena format permainannya yang menarik dan dapat diakses, yang cocok untuk pemain dari semua level.
  3. Kompetisi yang Beragam: TFT menyelenggarakan berbagai turnamen dan kompetisi, mulai dari event lokal hingga kejuaraan global. Riot Games mendukung scene esports TFT dengan struktur turnamen yang baik dan hadiah yang menarik, mendorong pertumbuhan komunitas dan minat profesional.
  4. Keterampilan Individu: Berbeda dengan banyak game esport yang membutuhkan kerja tim, TFT adalah kompetisi individu, memungkinkan pemain untuk menunjukkan keterampilan pribadi mereka dalam merencanakan strategi dan adaptasi. Ini menarik bagi pemain yang lebih suka format kompetitif yang mengandalkan keterampilan individual daripada kerja tim.
  5. Perubahan dan Pembaruan Berkala: Riot Games secara teratur memperbarui TFT dengan set baru, karakter, dan item, yang mengubah meta game dan mempertahankan kesegaran permainan. Pembaruan ini memaksa pemain untuk terus belajar dan beradaptasi, sebuah ciri khas game kompetitif yang sehat.
  6. Komunitas Global yang Kuat: TFT memiliki komunitas yang aktif dan global, dengan banyak penggemar yang mengikuti turnamen dan menciptakan konten. Komunitas ini membantu dalam mempromosikan game, berbagi strategi, dan mempertahankan interaksi yang dinamis antara pemain dari berbagai negara.
  7. Dukungan Developer yang Kuat: Riot Games telah menunjukkan komitmen kuat terhadap TFT sebagai bagian dari ekosistem esports mereka. Dengan dukungan yang berkelanjutan dari Riot, TFT dapat berkembang dengan infrastruktur yang stabil dan inovasi yang terus menerus.
  8. Format Game yang Menarik: Format permainan TFT, di mana pemain bertarung dalam seri pertempuran melawan tujuh lawan lainnya dalam format “last man standing,” sangat cocok untuk turnamen dan penonton. Format ini menawarkan banyak momen dramatis dan comeback yang tidak terduga, menjadikannya menarik untuk ditonton.

18. Rennsports


SOURCE: rennsport.gg

Rennsport adalah game balap yang relatif baru di scene esports, dikembangkan oleh Competition Company. Game ini mendapat perhatian karena pendekatannya yang inovatif dan realistis terhadap simulasi balap. Berikut adalah beberapa poin utama tentang Rennsport dan bagaimana cara memainkannya:

Fitur Utama Rennsport

  1. Grafis Realistis dan Detil Tinggi: Rennsport dikembangkan dengan fokus pada realisme, menampilkan grafis yang sangat detail dan efek visual yang mengesankan. Hal ini membuat pengalaman bermain terasa lebih immersive, mirip dengan berada di dalam kokpit mobil balap sungguhan.
  2. Fisika dan Handling yang Akurat: Game ini menggunakan model fisika canggih untuk memberikan pengalaman mengemudi yang akurat. Hal ini mencakup aspek seperti grip ban, aerodinamika, dan dinamika suspensi, yang semuanya dirancang untuk meniru perilaku mobil balap nyata.
  3. Berbagai Pilihan Mobil dan Trek: Rennsport menawarkan berbagai mobil balap dari produsen terkenal serta berbagai trek balap dari seluruh dunia. Pemain dapat memilih dari mobil GT, prototipe, hingga mobil formula, dan bersaing di trek ikonik seperti Nürburgring, Le Mans, dan Spa-Francorchamps.
  4. Mode Multiplayer dan Single Player: Pemain dapat bersaing dalam balapan multiplayer online melawan pemain lain dari seluruh dunia atau melawan AI dalam mode single player. Multiplayer mendukung kompetisi intens dengan sistem matchmaking yang efisien.
  5. Kustomisasi yang Detail: Rennsport memungkinkan pemain untuk menyesuaikan mobil mereka secara detail, termasuk pengaturan mesin, suspensi, aerodinamika, dan bahkan strategi pit stop. Ini memungkinkan pemain untuk mengoptimalkan mobil mereka sesuai dengan gaya balap dan kondisi trek.
  6. Sistem Kerusakan Dinamis: Game ini mencakup sistem kerusakan realistis yang memengaruhi performa dan tampilan mobil. Kerusakan bisa terjadi dari tabrakan, keausan mekanis, atau kesalahan pengemudi, membutuhkan pemain untuk menggunakan strategi dan keterampilan mengemudi yang cerdas.

Cara Bermain Rennsport

  1. Pilih Mobil dan Trek: Pertama, pemain memilih mobil balap dan trek. Pilihan ini akan memengaruhi strategi dan cara pengemudiannya, karena setiap mobil dan trek memiliki karakteristik unik.
  2. Sesuaikan Pengaturan Mobil: Sebelum balapan, pemain dapat masuk ke menu setup untuk menyesuaikan berbagai aspek teknis mobil, seperti tekanan ban, camber, toe, gear ratios, dan banyak lagi. Ini penting untuk mendapatkan performa maksimal dari mobil di trek tertentu.
  3. Latihan dan Kualifikasi: Pemain biasanya mulai dengan sesi latihan untuk membiasakan diri dengan trek dan menguji setup mobil. Setelah itu, sesi kualifikasi menentukan posisi start dalam balapan berdasarkan waktu lap tercepat.
  4. Strategi Balapan: Dalam balapan, pemain harus mengelola banyak aspek seperti pemilihan ban, konsumsi bahan bakar, dan strategi pit stop. Mengantisipasi kondisi balapan dan reaksi pesaing adalah kunci untuk mencapai posisi terdepan.
  5. Balapan: Selama balapan, pemain harus menggunakan kemampuan mengemudi untuk navigasi tikungan, overtake lawan, dan menghindari insiden. Keterampilan seperti trail braking, apexing, dan menggunakan slipstream dari mobil lain menjadi sangat penting.
  6. Post-Race Analysis: Setelah balapan, pemain dapat menganalisis performa mereka, melihat di mana mereka bisa memperbaiki, dan mempelajari data balapan untuk strategi di masa depan.

Rennsport menawarkan pengalaman simulasi balap yang sangat detail dan kompetitif, menarik baik bagi pemain kasual yang mencari kesenangan maupun bagi penggemar balap serius yang mengejar simulasi yang akurat. Dengan komunitas yang tumbuh dan dukungan untuk esports, Rennsport terus mengembangkan posisinya di dunia game balap.

Maximilian Benecke dari tim Porsche Coanda menjadi juara di turnamen Rennsport dalam Gamers8 2023, memenangkan hadiah utama sebesar $100,000 USD. Kemenangan ini menunjukkan dominasi dan kemampuan balap yang luar biasa dari Benecke serta timnya selama turnamen.

19. Apex Legends


SOURCE: EA

Apex Legends masuk Esports World Cup 2024 karena beberapa alasan kuat yang menunjukkan pertumbuhannya sebagai game esport yang populer dan kompetitif:

  1. Popularitas yang Luas: Apex Legends telah menjadi salah satu game battle royale terpopuler sejak rilisnya pada tahun 2019. Dengan jutaan pemain aktif secara global, game ini menarik perhatian besar dari komunitas gamer dan penonton esports.
  2. Kompetisi yang Sudah Mapan: Apex Legends telah menyelenggarakan berbagai turnamen dan liga profesional yang sukses, seperti Apex Legends Global Series (ALGS). Keberhasilan ini menunjukkan bahwa game ini memiliki struktur kompetitif yang solid dan dapat mendukung event besar seperti Esports World Cup.
  3. Gameplay yang Dinamis dan Menarik: Gameplay Apex Legends yang menggabungkan elemen-elemen dari shooter, strategi, dan battle royale membuat pertandingan seru untuk ditonton. Kerjasama tim, strategi, dan mekanika permainan yang unik (seperti kemampuan khusus karakter) menawarkan banyak momen menegangkan dan tak terduga dalam kompetisi.
  4. Dukungan dari Pengembang: Respawn Entertainment dan EA telah aktif mendukung scene esports Apex Legends dengan update reguler, peningkatan keseimbangan gameplay, dan hadiah turnamen yang menarik. Dukungan ini penting untuk mempertahankan minat dan partisipasi pemain serta tim profesional.
  5. Inklusi dalam Event Esports Besar: Inklusi Apex Legends dalam Esports World Cup 2024 menunjukkan pengakuan terhadap game ini sebagai bagian penting dari landscape esports global. Ini membantu dalam memperluas jangkauan dan keberagaman event, menarik lebih banyak penggemar dan pemain dari berbagai latar belakang.

Nah, itu dia daftar lengkap game yang bakal dipertandingkan di Esports World Cup 2024. Apa game favorit lo ada di daftar ini? Atau ada game lain yang lo harapkan bisa masuk ke dalam daftar ini? Jangan lupa untuk terus mendukung tim dan pemain favorit lo!


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *